iklan

Wednesday, August 1, 2012

Strategi Bisnis Dengan Inovasi

INOVASI BISNIS — Pertumbuhan sebuah bisnis tidak bisa dilepaskan dari kemampuan melakukan inovasi dalam segala hal. Banyak perusahaan besar yang bisa bertahan dan mampu membukukan keuntungan bisnis yang semakin besar karena kreatif dalam melakukan inovasi bisnis. Salah satu contoh perusahaan yang melakukan inovasi itu adalah Green Mountain Coffee Roasters, Inc. (GMCR), sebuah perusahaan kopi dan mesin pembuat kopi yang bermarkas di Waitsfeld, Vermont, Amerika Serikat (AS).

Bagi GMCR pentingnya inovasi demi meningkatkan dan mempertahankan pertumbuhan dan daya saing sangatlah mereka sadari . Memang tidak perlu diragukan lagi, inovasi terbukti menjadi mesin pendorong pertumbuhan serta kesuksesan perusahaan, terutama perusahaan-perusahaan kelas dunia macam Google, Apple, Samsung, Honda, Procter & Gamble (P&G), dan sebagainya. Menurut Rothaermel dan Hess, strategi yang paling efektif guna mencapai inovasi yang berkelanjutan adalah merekrut, menumbuhkembangkan, serta mempertahankan karyawan-karawan bertalenta tinggi sehingga mampu mempelopori inovasi. Strategi ini, disamping memungkinkan perusahaan untuk tidak tergantung kepada pihak luar dalam berinovasi, juga sulit ditiru oleh pesaing. Bisa menjadi andalan jika perusahaan telah mampu menerapkan manajemen sumber daya manusia (SDM) yang unggul.
Strategi berikutnya yang dapat ditempuh adalah meningkatkan pengeluaran untuk kegiatan R&D. Keuntungan strategi ini, ungkap Rothaermel dan Hess, adalah memungkinkan terinternalisasinya keterampilan dan kapabilitas perusahaan. Dalam konteks ini, internalisasi terkait dengan proses pembelajaran (learning), semisal belajar mengenai ide-ide dan keterampilan baru untuk kemudian dimanfaatkan demi kemajuan perusahaan
Melalui strategi tersebut, perusahaan dapat tumbuh lebih cepat. Namun masalah integrasi budaya dapat menjadi pengganjal kesuksesan sehingga memerlukan perhatian khusus. Perusahaan juga harus pandai-pandai memilih sasaran akuisisi.

No comments:

Post a Comment