INOVASI BISNIS — Pertumbuhan sebuah bisnis tidak
bisa dilepaskan dari kemampuan melakukan inovasi dalam segala hal.
Banyak perusahaan besar yang bisa bertahan dan mampu membukukan
keuntungan bisnis yang semakin besar karena kreatif dalam melakukan
inovasi bisnis. Salah satu contoh perusahaan yang melakukan inovasi itu
adalah Green Mountain Coffee Roasters, Inc. (GMCR), sebuah perusahaan
kopi dan mesin pembuat kopi yang bermarkas di Waitsfeld, Vermont,
Amerika Serikat (AS).
Bagi GMCR pentingnya inovasi demi meningkatkan dan mempertahankan
pertumbuhan dan daya saing sangatlah mereka sadari . Memang tidak perlu
diragukan lagi, inovasi terbukti menjadi mesin pendorong pertumbuhan
serta kesuksesan perusahaan, terutama perusahaan-perusahaan kelas dunia
macam Google, Apple, Samsung, Honda, Procter & Gamble (P&G), dan
sebagainya.
Menurut Rothaermel dan Hess, strategi yang paling efektif guna
mencapai inovasi yang berkelanjutan adalah merekrut, menumbuhkembangkan,
serta mempertahankan karyawan-karawan bertalenta tinggi sehingga mampu
mempelopori inovasi. Strategi ini, disamping memungkinkan perusahaan
untuk tidak tergantung kepada pihak luar dalam berinovasi, juga sulit
ditiru oleh pesaing. Bisa menjadi andalan jika perusahaan telah mampu
menerapkan manajemen sumber daya manusia (SDM) yang unggul.
Strategi berikutnya yang dapat ditempuh adalah meningkatkan
pengeluaran untuk kegiatan R&D. Keuntungan strategi ini, ungkap
Rothaermel dan Hess, adalah memungkinkan terinternalisasinya
keterampilan dan kapabilitas perusahaan. Dalam konteks ini,
internalisasi terkait dengan proses pembelajaran (learning), semisal
belajar mengenai ide-ide dan keterampilan baru untuk kemudian
dimanfaatkan demi kemajuan perusahaan
Melalui strategi tersebut, perusahaan dapat tumbuh lebih cepat. Namun
masalah integrasi budaya dapat menjadi pengganjal kesuksesan sehingga
memerlukan perhatian khusus. Perusahaan juga harus pandai-pandai memilih
sasaran akuisisi.
No comments:
Post a Comment