iklan

Wednesday, August 1, 2012

Mengenali Ciri-Ciri Bisnis Investasi Bodong

BISNIS INVESTASI — Banyak orang tergiur dengan tawaran investasi yang menjanjikan keuntungan yang berlipat ganda dalam jangka waktu singkat. Nampaknya kejadian penipuan berkedok investasi ini terus berulang dari waktu ke waktu dengan modus yang berbeda-beda. Tawaran keuntungan yang menggiurkan yang dibumbui dengan rayuan maut dari sang penipu membuat banyak orang tertarik untuk mengikuti bisnis investasi seperti ini.

Agar tidak terjebak pada bisnis investasi bodong semacam ini, kita semua perlu mencermati setiap tawaran investasi yang diberikan. Kita perlu belajar dari pengalaman yang sudah-sudah jangan sampai terjebak pada kesalahan yang sama. Hal penting yang patut disadari oleh kita semua adalah bahwa mudahnya para penipu mengelabui masyarakat dengan iming-iming investasi. Apa yang menyebabkan ini terjadi ? Di zaman sekarang ini memerlukan perjuangan untuk bisa hidup secara layak, maka impian untuk bisa kaya tanpa kerja keras adalah jualan yang akan laku keras. Pemikiran semacam inilah yang mestinya dienyahkan jauh-jauh dari otak kita. Karena kalau mau hidup enak maka harus kerja keras.
Apakah dengan kejadian-kejadian tersebut kita tidak usah berinvestasi? tentunya tidak, kita perlu melakukan investasi sebagai pemenuhan kebutuhan hidup dan kebutuhan lainnya. Namun perlu dicermati investasi apa saja yang memang benar-benar sehat dan layak untuk diikuti. Perhatikan betul perhitungan untung ruginya, apakah masuk akal? Apakah data yang digunakan memang harga pasaran yang wajar? Apakah bisnisnya memang berjalan dengan bukti adanya aset berwujud yang diperlukan? Apakah kelangsungan bisnis cukup lama dan bisa menjadi gambaran dimasa yang akan datang?
Cek juga legitimasi dari bisnis tersebut seperti surat-surat perusahaan dan pendaftaran di lembaga yang berwenang. Sebagai investor, kita harus kritis dalam membuat keputusan investasi, karena bisnis yang sedang berjalan pun bisa saja kolaps dan dana investasi kita tidak kembali, apalagi jika hanya bisnis bodong yang hanya akan mengurangi aset Anda.
Setelah melakukan ceking terhadap hal-hal tersebut, anda perlu mengenali pula ciri-ciri investasi yang hanya penipuan belaka. Berikut ciri-cirinya:
1. Biasanya keuntungan yang dijanjikan tidak masuk akal, karena jika memang nyata sedemikian fantastisnya, mengapa tidak meminjam dana saja di bank untuk menjalankan bisnisnya? Namun, bank tentu saja tidak akan sembarangan memberikan kredit tanpa proses survei demi keamanan dana nasabah bank.
2. Biaya administrasi untuk bergabung besar, biasanya karena ada komisi untuk yang berhasil mencari investor (dowline).
3. Administrasi manual, jadi sulit untuk mengoleksi data yang tepat.
4. Skema bisnis tidak jelas, tidak jelas perhitungan keuntungan, dan perputaran dana, karena bisnis cenderung fluktuatif tidak selalu untung, namun tidak jelaskan juga kalau terjadi kerugian.
5. Menggunakan ponzi scheme, dana dari investor baru dipakai untuk membayar keuntungan investor lama, jadi investor terakhirlah yang benar-benar gigit jari.
Setelah kita mengetahui ciri-ciri investasi yang hanya penipuan, maka selanjutnya keputusan di tangan anda. Yang jelas Jangan mudah tergiur dengan iming-iming keuntungan yang fantastis apalagi dalam waktu singkat. Pahami betul investasi bisnis yang akan anda ikuti.

No comments:

Post a Comment

Post a Comment